Install Mongo DB Windows 10

Hei 😀 selamat berjumpa kembali, masih bersama cak hasyim, kali ini saya ingin share hasil belajar beberapa hari yang lalu, NoSql dan Mongo DB, sebelum bicara lebih lanjut sekarang saya share dulu untuk instalasi nya biar kedepannya nanti tinggal menggunakan,.

saya kutip dari situs Codepolitan Mongo DB adalah basis data NoSql yang berbasis document (Document-based). Ia menyimpan data-datanya dalam suatu dokumen JSON yang disebut BSON (Binary JSON)

Dikembangkan sejak tahun 2009, mongoDB sekarang telah mendukung hampir semua bahasa pemrograman untuk dapat berinteraksi dengan mongoDB. Tak hanya bahasa pemrograman, beragam framework terkenal pun sudah dapat menggunakan mongoDB untuk menyimpan datanya sehingga kita tidak akan kesulitan untuk mengintegrasikan aplikasi yang kita buat dengan basis data ini.

saya kutip dari situs ini NoSql sendiri  adalah singkatan dari non SQL atau non relational database. NOSQL menurut Wikipedia adalah sistem menejemen database yang berbeda dari sistem menejemen database relasional yang klasik dalam beberapa hal. NOSQL mungkin tidak membutuhkan skema tabel dan umumnya menghindari operasi join dan berkembang secara horisontal. Akademisi menyebut database seperti ini sebagai structured storage, istilah yang didalamnya mencakup sistem menejemen database relasional. NOSQL adalah database generasi terbaru yang mengarahkan kepada database yang tidak berelasi (non-relational), dapat disebarkan kepada siapapun (open-source) dan berskala horisontal (horizontal scale).

Itu penjelasan singkat mengenai NoSql dan MongoDB sekarang kita lanjutkan ke proses instalasi, download installer nya di situs resmi MongoDB.

selanjutnya eksekusi installer nya, install seperti biasa nya, tunggu hingga proses selesai. lalu tambahkan path di environment variables, direktori instalasi default ada di C:\Program Files\MongoDB\Server\3.2\bin

 

set mongo environment variables

jika sudah, sekarang buka terminal…eh… cmd, coba lihat versi

 mongo -version 
 mongod -version 

 

mongo version

horee…sudah bisa 😀 , sekarang kita coba beberapa operasi di mongodb

oh iya, ada hal beberap hal lagi yang harus dilakukan, coba ketikkan

mongod dbpath

disitu tertulis c:\data\db\

nah disini kita buat folder data di drive C: kemudian di dalam nya bikin folder lagi namanya db, buat folder namanya log, hal ini saya tuliskan setelah mencoba beberapa hal yang membuat error sehingga saya kesulitan menggunakan mongodb nya karena beberapa masalah akibat tidak paham mengenai konfigurasi, kemudian saya baca baca lagi di dokumentasi nya disini (maklum masih belajar 🙂  saya cantumkan link link referensi bacaan saya di bawah ).

sekarang kita coba beberapa operasi simple di mongodb, buka cmd nya kemudian start dulu service nya dengan mengetikkan :

 mongod 

kemudian buka cmd lagi, kemudian ketikkan

 mongo 

seperti ini

tes mongo 1

sekarang coba lihatdb, membuat db baru kemudian insert data baru

 show dbs 

akan terlihat db yang ada kemudian buat db baru dengan perinta use , dan untuk cek di db mana sekarang kita berada menggunakan perintah db


use cobamongo

db

seperti ini

test mongo 2

sekarang kita tambahkan dokumen mahasiswa dengan db.mahasiswa.insert({})

  db.mahasiswa.insert({nim:"1234", nama:"Cak Hasyim", hobi:"ngopi"}) 
 db.mahasiswa.insert({nim:"2234", nama:"Cak Ahmad", hobi:"nulis"}) 

untuk melihat isi mahasiswa menggunakan perintah db.mahasiswa.find().pretty()

db.mahasiswa.find().pretty()

seperti ini

test mongo 3

bagaimana?, tidak sulit kan :D.

untuk memudahkan manajemen db kita bisa menggunakan GUI client, ada banyak sekali GUI client untuk mongoDB salah satunya robomongo.

robomongo adalah tool utk manajemen mongodb yang bisa berjalan di linux, mac, dan windows yang cukup populer, sekarang kita coba gunakan robomongo nya, pertama tama download dulu di situs robomongo.

ada opsi portable dan installer, saya gunakan yang versi installer

pilih download robomongo

Penggunaan robomongo relatif mudah, tampilannya mirip dengan tool tool GUI client pada db sql seperti myql-front, sql-yog atau phpmyadmin. install seperti biasa kemudian buka robomongo nya.

karena ini pemakaian pertama, kita perlu create connection, saya beri nama connection nya MyConnection, utk address tidak saya rubah atau default kemudian save

test mongo 4

lalu tinggal kita aktifkan koneksi nya dalam contoh namanya MyConnection

test mongo 5

nah sekarang terlihat isi db di machine kita, tadi kita sudah membuat db dengan dokumen mahasiswa

test mongo 6

Penggunaan robomongo mempermudah manajemen database dengan tampilannya yang mudah kita dapat mempersingkat waktu saat me-manage db atau dokumen dokumen di dalamnya.

bagaimana?, mudah bukan?

semoga tulisan kecil ini bisa berguna bagi pembaca yang baik hati dan ganteng/cantik 😀

i’ll see you in next article, terimakasih 😀

 

referensi

Advertisements
Tagged , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: